Kamis, 12 Februari 2009

Java Tutorial: Deklarasi dan akses kontrol - Part 1

| No comment
ARRAY

Array adalah objek yang dapat dibuat secara dinamis. Array dapat menyimpan beberapa variabel dengan tipe data yang sama. Variabel dapat berupa tipe data primitif atau berupa objek/kelas lainnya; array bisa berisi array lainnya. Deklarasi variabel Array Ketika mendeklarasikan variabel array, kode membuat variabel yang dapat memegang referensi kepada objek array, bukan membuat objek array atau mengalokasikan ruang untuk elemen array. Dan perlu diingat, "HARAM" hukumnya mendefinisikan ukuran array pada saat array itu di deklarasikan(misal int a[10]; ). Untuk mendeklarasikan array hampir sama dengan mendeklarasikan tipe data biasa hanya saja ditambahan kurung siku/bracket. Contoh pendeklarasian array:
int[] i;  //array of int
byte b[];         //array of byte
Object[] o,         //array of Object
short s[][];         //array of arrays of short


Konstruksi array

Kita bisa menggunakan new operator untuk membangun array. Jumlah array dan tipe elemen juga harus disertakan. Dan tidak dapat dilakukan perubahan tipe elemen pada saat konstruksi array. Dalam kasus array multidimensi kita hanya bisa menentukan ukuran hanya untuk dimensi pertama dari array.

int [] marks = new int[100];
String[][] s = new String[3][];
Inisialisasi Array

Inisialisasi array ditulis dengan pemisah tanda koma ","' dan ditutup dengan kurung kurawal.

String s[] = { new String("apple") , new String("mango")};
int i[][] = {{1, 2}, {3, 4}};

Array juga bisa diinisialisasi dengan looping

int i[] = new int[5];
for(int j=0; j < i.length; j++)
{
 i[j] = j;
}
Pengaksesan elemen array

Index array dimulai dari 0 sampai n-1, dimana n adalah ukuran array. Untuk mendapatkan ukuran array bisa menggunakan instace variable yang disebut length(misal ada array arrInt maka pemanggilannya yaitu arrInt.length). Jika mengakses array diluar 0 sampain n-1 maka pesan error ArrayIndexOutOfBoundsException akan muncul.

java tutorial deklarasi dan akses kontrol part 2
Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Accordition